Friday, February 22, 2008

Sering Swalayan Takut Mandul!

Hai, Doc langsung aja ya, saya cowok 24 tahun, apa akibatnya jika saya sering masturbasi, "pekerjaan ini" saya lakukan 2 hari sekali, baik saya lakukan sendiri atau saya lakukan dengan pacar saya, bagaimana akibatnya??? apakah bisa menyebabkan kemandulan??
joko (20)

Jawaban

NO SEX UNTIL MARRIED...

Dear joko, Pertanyaan saudara sekaligus mewakili pertanyaan rekan-rekan lainnya yang memiliki permasalahan yang sama. Sekali lagi saya tegaskan bahwa masturbasi ataupun onani tidak akan menyebabkan kemandulan pada seseorang sepanjang masih dilakukan dalam batas-batas normal (tidak menggunakan alat bantu yang dapat merusak organ-organ reproduksi). Kemandulan merupakan lebih kepada faktor keturunan atau genetika. Atau bisa juga disebabkan oleh adanya penyakit tertentu yang membuat organ2 reproduksinya tidak bekerja.

No comments: